SEO

Selasa, 03 September 2013

Membuat database sederhana pada phpMyAdmin

Dalam sebuah aplikasi web dinamis tentu akan membutuhkan adanya sebuah database untuk menampung semua data yang diinput, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan database sederhana pada phpmyadmin.
  1.  Ketikan pada address bar web browser anda localhost/ lalu tekan enter kemudian anda akan dibawa kesebuah tampilan seperti pada gambar berikut: 
  2. Pada menu sebelah kiri terdapat link dengan tulisan phpMyAdmin, anda klik link tersebut maka akan tampil halaman baru seperti pada gambar berikut:
  3. Pada yang diberi lingkaran garis merah silahkan tentukan nama database yang akan anda buat contoh: databaseku_db (pemberian nama database tergantung keinginan anda) dan kemudian tekan create pada sebelahnya (tombol button) 
  4. Setelah langkah diatas anda lakukan maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut: 
  5. Langkah berikutnya adalah mengikuti langkah yang sudah diberi lingkaran merah adapun penjelasan dari proses tersebut adalah: 1. Menandakan nama database yang baru saja anda buat, 2. Anda akan memasukkan (membuat) nama table misal: tabel_mahasiswa (tidak boleh menggunakan spasi) dan kolom disebelahnya adalah untuk memasukkan jumlah field yang anda butuhkan untuk data yang terkait dengan mahasiswa disini saya berikan contoh tiga (5) buah field, anda bisa menambahkan field tersebut sesuai dengan kebutuhan anda data anda nantinya Contoh disini adalah: id_mhs, nim, nama, email, password dan terakhir anda klik tombol go pada lingkaran merah nomor 3. sebagai akhir pada sesi ini. fungsi field password nanti akan dijelaskan pada postingan lain.
  6. tampilan berikutnya adalah dimana anda mulai harus teliti dalam menentukan penamaan dalam field-field tabel yang anda buat karena akan berpengaruh nantinya ketika pemanggilan, edit, hapus dan sebagainya pada script php, silahkan ikuti penjelasannya agar lebih mudah dimengerti
  7. penjelasan gambar diatas adalah: dibawah address bar setelah nama database yang sudah dibuat akan muncul nama tabel yang anda buat tadi, kemudian pada lingkaran merah yang besar dapat dilihat terisi beberapa field tabel seperti: id_mhs (dengan tipe data integer atau hanya berupa bilangan..1,2,3 dst, untuk tipe integer lebih luas akan dibahas pada postingan yang lain), pada field id_mhs ini tentukan sebagai primary key, artinya tidak ada yg menyerupai atau kunci utama, dimaksudkan agar tidak ada duplikasi id_mhs yang sejenis, disampingnya terdapat tulisan ai (AI) kependekan dari auto increment artinya field nantinya akan otomatis terisi sendiri dengan nomor urut, kemudian field nim penjelasannya hampir sama dengan field id_mhs hanya tidak digunakan sebagai primary key, kemudian field yang lain bisa anda ikuti seperti gambar diatas perbedaannya hanya pada tipe data yaitu varchar, dan setelah itu silahkan anda tekan tombol save, untuk menambah field lagi anda bisa mengisi jumlah field di kotak sebelahnya dan tekan go lalu ulangi cara pembuatan field seperti yang sudah dijelaskan, setelah menekan tombol save akan muncul gambar seperti berikut:
    Selamat...! berarti anda telah berhasil membuat sebuah database dan sebuah tabel yang nantinya akan digunakan pada aplikasi berbasis php mysql, untuk pembuatan database dan tabel dengan menggunakan script akan ada pada posting selanjutnya.
terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat kekurangan.. mari belajar bersama....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersama membangun kreatifitas positif, apa yang saya posting tentunya sangat jauh dari sempurna, sebelumnya mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan... semoga apa yang kami miliki bisa berbagi disini dan mendiskusikannya dengan anda